Selasa, 27 Okt 2020, 03:28:39 WIB, 2333 View Admin SMK, Kategori : Pendidikan

Program Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan

Bahasa Inggris dengan TOEIC dari Direktorat SMK

Telah Memasuki Tahap Pelaksanaan Ujian TOEIC

 

Pemerintah melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) membuka peluang bagi SMK di seluruh Indonesia untuk memperoleh bantuan sertifikasi internasional melalui program SMK English Challenge 2020—Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi Siswa SMK. Program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan cakupan quota penerima program yang meningkat dari tahun ke tahun dengan harapan akan lebih banyak siswa SMK di Indonesia yang tersertifikasi secara internasional dan dapat merasakan manfaatnya saat nanti sudah terjun di dunia kerja.

SMK Revany Indra Putra telah mengikutsertakan sebanyak 53 orang siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 12 orang siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Kami para guru sebelumnya juga diberikan Bimbingan Teknis terkait cara mengajar TOEIC yang efektif ke siswa. Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia dan tim melalui webex dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk materi Google Classroom dan TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 19 Oktober 2020 pukul 13.00, SMK Revany Indra Putra melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami  yang lolos seleksi.

Dikarenakan ini yang pertama kalinya bagi SMK Revany Indra Putra dalam melaksanakan Sertifikasi TOEIC, baik koordinator sekolah ataupun tekhnisi sedikit kesulitan dalam mempersiapkan Sertifikasi TOEIC tersebut. Ada beberapa kendala yang dihadapi baik dalam persiapan ataupun pelaksanaan program tersebut. Akan tetapi, dengan kerjasama yang solid dari semua pihak, akhirnya program Sertifikasi TOEIC di SMK Revany Indra Putra dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Program Sertifikasi TOEIC ini sangat bermanfaat khususnya bagi siswa yang sangat menyukai pelajaran Bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui, selama ini pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah hanya menitik beratkan pada materi tertentu. Siswa hanya diajarkan menjawab soal-soal Bahasa Inggris secara basic. Namun dengan mengikuti program ini, siswa mendapatkan lebih banyak materi dan juga trik-trik dalam menjawab soal-soal Bahasa Inggris. Selain itu, guru juga mendapatkan tambahan ilmu yang nantinya dapat dibagikan kepada siswa pada saat mengajar.

Besar harapan kami bahwa Program Sertifikasi TOEIC ini akan terus berkelanjutan kedepannya sehingga semakin banyak siswa SMK di Indonesia yang akan dapat merasakan manfaatnya, dalam hal ini siswa SMK Revany Indra Putra, karena dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari bahasa Inggris dan juga materi TOEIC khususnya./mep





Tuliskan Komentar